Sick O Sick..

Anak sakit adalah hal yang paling memilukan seorang ibu. Terlebih untuk seorang ibu baru (like me!! haha) karena plus panik (hehe). Beberapa waktu yang lalu, Ruzayn sempat sakit (Alhamdulillah sekarang sudah sehat !! :D) diawali dengan batuk-pilek. Sewaktu batuk dan pilek biasanya saya hanya memberikan mucopect drop (untuk bayi karena umur Ruzayn belum genap 1 tahun), saya berikan makan dengan baik (juga ASI, for sure!),  dan kalau mulai mampet hidungnya saya berikan salep bayi (saya memakai transpulmin). Akan tetapi kemarin, setelah batuk-pilek, suhu badan Ruzayn naik (mulai panik! huhu). Syukurnya, saya sudah pernah diberikan langkah-langkah yang harus diambil ketika anak mulai panas. Pertama, jangan biarkan anak kekurangan cairan, beri anak cairan yang cukup (sumber cairan bisa dari minum, ASI, ataupun makan makanan yang berkuah seperti sup). Kedua, kompres badan anak denan menggunakan air hangat untuk menurunkan suhu badannya (untuk yang ini, dokter anak saya menyarankan untuk memandikan anak dengan air hangat). Skin to skin (anak kita buka bajunya, terus kita peluk usahakan agar kulit ibu/ayah bersentuhan dengan kulit anak sehingga disarankan untuk melepas pakaian) juga dapat membantu menurunkan panas anak bukan hanya itu, skin to skin dengan anak juga dapat membangun kedekatan antara orangtua dan anak hal ini sangat disarankan. Yang terakhir, berikan anak tempra (obat penurun panas) setiap 4-6 jam apabila suhu badan anak tinggi.

Well, kemarin yang membuat saya (agak lumayan tambah) panik adalah ketika Ruzayn jadi gak mau makan... (lemesss, pasti namanya juga sakit.hehe) dan suhu badannya cenderung naik-turun, terutama ketika malam hari (nah huhu,hiks). Sebenarnya fase itu memang wajar, penyakit bisa disebakan oleh virus atau bakteri. Apabila disebabkan oleh virus, periode 'suhu naik' bisa sampai 4 hari-1 minggu dan belum diperlukan antibiotik, karena antibodi akan berjuang untuk menyembuhkan. Tapi yang namanya bu-ibu pasti panik dong yaaa (haha). Antibiotik digunakan untuk mengalahkan bakteri (indikasinya apabila suhu badan naik sampai lebih dari 4 hari/ 1 minggu). 

Akan tetapi yang kemarin terjadi, keluar merah-merah dikulit Ruzayn awalnya sedikit dan masih wajar karena bisa juga disebabkan oleh virus juga panas tubuh. Setelah seminggu, merah-merahnya makin banyak (hiks!) tapi suhu badannya sudah baik. Untuk memastikan, saya konsul ke dokter anaknya Ruzayn dan analisanya itu adalah campak. Alhamdulillah nya, Ruzayn sudah imunisasi campak (suntik campak) sehingga muncul campaknya tidak klasik. Nah, merah-merah karena campak itu bentuknya merata (lebar-lebar) biasanya merah-merah itu timbul mulai dari belakang telinga melebar sampai ke kaki.

Saya sempat memeriksakan darah Ruzayn, trombositnya memang turun (tidak signifikan) tapi, hal itu wajar karena namanya juga lagi sakit hehe (selama turunnya masih dalam batas normal). Setelah analisa dokter bahwa itu campak, dokter meresepkan vitamin A dosis tinggi untuk rush (merah-merah pada kulitnya). And then, Alhamdulillah wa syukurillah sembuh!!.
Semoga Allah selalu mengaruniakan kita dan keluarga kesehatan :) aamiin. Karena sehat itu tidak ternilai harganya ;). Semoga bermanfaat yaa.. Stay strong Parents !! (hehe)


Ma'assalaamah, Love!!

Komentar

Postingan Populer